FC Barcelona
Talipati_ : "Whatever you give to life, it gives you back. Do not hate anybody. The harted which comes out from you will someday comeback to you. Love others. And love will comeback to you . . ."

Jumat, 20 Mei 2011

Sebuah Renungan Dari Ali Bin Abi Thalib


Mengutip kata-kata dalam isi surat Ali bin Abi Thalib kepada Abdullah bin Abbas :
    "Amma ba’du... Acapkali manusia merasa gembira disebabkan ia memperoleh sesuatu yang sebenarnya memang sudah pasti takkan luput darinya. Dan ia bersedih hati atas luputnya sesuatu yang sebenarnya memang sudah pasti takkan mencapainya.
    Maka jadikanlah kegembiraanmu hanya pada apa saja yang kau peroleh untuk kehidupan akhiratmu. Dan jadikanlah kekecewaanmu hanya atas kehilangan bagianmu dari akhiratmu pula.
    Apa saja yang kau peroleh dari duniamu, janganlah engkau merasa terlalu senang karenanya. Dan apa saja yang terluput dari duniamu, janganlah kau sampai diliputi keputusasaan yang mematikan, karenanya. Dan hendaknya keprihatinanmu hanya kau tujukan kepada apa yang akan terjadi sesudah mati semata-mata."
Sebuah untaian kata-kata yang terangkai dalam beberapa kalimat yang menarik dan memiliki makna yang mendalam, dan ini patut dijadikan sebuah renungan bagi kita semua yang kini hidup di dunia dan menunggu sebuah kematian.

Sumber :
Mutiara Nahjul Balaghah: Wacana dan Surat-surat Imam Ali r.a
Penerbit Mizan, Bandung, cetakan pertama pada Syawal 1411/Mei 1991
Yang diterjemahkan dari :
Nahjul Balaghah, oleh Syaikh Muhammad Abduh 
Mathba’ah Al-Istiqamah, tanpa tahun
 

Facebook Comments : "Silahkan berikan komentar Anda mengenai tulisan saya pada kotak komentar di bawah ini . . ."

0 comment:

Posting Komentar